Observasi Lingkungan dan Pengembangan Ide Bisnis Inovatif_Tugas 03 Mandiri
Tugas 03 Individu Arip(AE03)
QuickOrder – Aplikasi Pre-Order Kantin Kampus
LATAR BELAKANG
Area Observasi berada di Kantin Kampus Universitas Mercubuana
Alasan Pemilihan Kantin karena menjadi pusat aktivitas mahasiswa saat jam istirahat,
namun sering terjadi antrian panjang yang membuat mahasiswa kehilangan waktu
belajar dan istirahat.
Metode Observasi:
- Observasi langsung selama 3 hari di jam istirahat (9.15 –13.15WIB)
- Wawancara 7 mahasiswa dan 3 penjual kantin
- Metode yang saya gunakan disini yaitu menggunaan metode observasi visual
Hasil Observasi
Tabel Data Observasi
Hari |
Jam Puncak |
Rata-rata Antrian |
Rata-rata Waktu Tunggu |
Senin |
11.00–12.30 |
20–30 orang |
± 12 menit |
Rabu |
11.00–12.30 |
18–25 orang |
± 10 menit |
Kamis |
11.30–13.00 |
25–35 orang |
± 15 menit |
Ringkasan Wawancara
Mahasiswa: 80% merasa waktu istirahat tidak
cukup karena harus antri lama.
- Penjual: Kesulitan mengatur pesanan karena banyak order datang bersamaan.
- Catatan: Banyak mahasiswa yang batal membeli makanan karena terburu jadwal kelas.
- Penjual: Kesulitan mengatur pesanan karena banyak order datang bersamaan.
- Catatan: Banyak mahasiswa yang batal membeli makanan karena terburu jadwal kelas.
Masalah Teridentifikasi
1. Antrian panjang menghabiskan waktu
istirahat mahasiswa.
2. Keterbatasan metode pembayaran (cash only) memperlambat transaksi.
3. Penjual kesulitan mengatur stok dan pesanan saat jam ramai.
2. Keterbatasan metode pembayaran (cash only) memperlambat transaksi.
3. Penjual kesulitan mengatur stok dan pesanan saat jam ramai.
Ide Bisnis Terpilih – QuickOrder
Deskripsi Ide:
QuickOrder adalah aplikasi/web sederhana yang memungkinkan mahasiswa memesan makanan & minuman di kantin kampus sebelum jam istirahat atau take-away, dengan fitur:
• Pre-Order & Pick-Up: Pesan lewat HP, ambil tanpa antri.
• Pembayaran Digital: QRIS/e-wallet, tanpa uang tunai.
• Notifikasi Pesanan Siap: Mengurangi waktu tunggu di kantin.
Alasan Pemilihan:
• Masalah antrian dialami mayoritas mahasiswa.
• Tingkat inovasi tinggi dengan digitalisasi kantin.
• Implementasi sederhana, bisa dimulai dengan web/Google Form & QRIS.
BUSINESS MODEL CANVAS (BMC)
Komponen |
Deskripsi |
|
|
Customer Segments |
Mahasiswa & dosen yang makan di kantin kampus. |
|
|
Value Propositions |
Pesan cepat tanpa antri, pembayaran cashless, hemat waktu. |
|
|
Channels Customer Relationships Revenue Streams Key Activities Key Resources Key Partners Cost Structure |
Aplikasi/web QuickOrder, poster di kantin, media sosial kampus. Program loyalitas poin, promo gratis ongkir pick-up Fee layanan Rp1.000/pesanan & iklan menu favorit Pengembangan aplikasi, manajemen data pesanan, promosi Server sederhana, admin aplikasi, mitra kantin, QRIS Pemilik kantin, penyedia pembayaran digital (QRIS), developer web Pengembangan aplikasi/web Rp2–3 juta, server bulanan Rp300 ribu, promosi awal Rp1 juta
|
|
|
ANALISIS KELAYAKAN
- Target Pasar: ±1.500 mahasiswa & 50 staf kampus yang rutin makan di kantin.
- Nilai Tambah: Hemat waktu, tidak perlu antri, cashless, mempermudah pedagang mengatur stok.
- Kompetitor: Layanan pesan antar online (GoFood/GrabFood), namun tidak fokus di kantin kampus & biaya lebih mahal.
- Estimasi Harga Layanan: Fee per pesanan Rp1.000; rata-rata 100 pesanan/hari → potensi pendapatan ±Rp3 juta/bulan.
RENCANA IMPLEMENTASI
1. 30 Hari Pertama:
- Minggu 1: Validasi dengan 30 mahasiswa & 5 penjual kantin.
- Minggu 2: Bangun prototype web/app sederhana + uji coba.
- Minggu 3: Kerja sama dengan 3 penjual kantin.
- Minggu 4: Peluncuran beta dan promo gratis biaya layanan.
2. Sumber Daya: Laptop, software web, QRIS, dana awal ±Rp5 juta.
3. Metrik Keberhasilan: Minimal 50 pesanan/hari dalam 1 bulan.
REFLEKSI
- Pembelajaran: Mahasiswa belajar mengidentifikasi masalah nyata di lingkungan kampus dan menciptakan solusi berbasis teknologi.
- Tantangan: Edukasi pedagang agar mau menggunakan sistem digital.
- Rencana Pengembangan: Menambah fitur pre-order untuk kegiatan event kampus dan delivery dalam area kampus.
Komentar
Posting Komentar